Lini Bisnis Asuransi

  1. ASURANSI JIWA
    Asuransi Jiwa adalah asuransi yang mengcover pendapatan pencari nafkah. Karena fungsi asuransi ini sesungguhnya adalah untuk menjamin kehidupan keluarga yang ditinggalkan, seolah-olah si pencari nafkah masih hidup dan bekerja. Saat ini perusahaan asuransi jiwa getol memasarkan produk asuransi jiwa berbalut investasi yaitu Unit Link. Maka konsep asuransi jiwa tidak lagi hanya untuk melindungi keluarga yang ditinggalkan, melainkan juga si pencari nafkah (tertanggung) mendapatkan perlindungan pensiun. Hampir semua perusahaan asuransi jiwa menawarkan produk Unit Link, bahkan sudah mulai menghapus asuransi jiwa murni dari portfolionya, sehingga Unit Link pun mendominasi perolehan premi perusahaan asuransi jiwa.
  2. ASURANSI KESEHATAN
    Asuransi kesehatan adalah asuransi yang mengcover biaya-biaya tagihan pengobatan yang diakibatkan karena sakit ataupun kecelakaan. Kebanyakan calon nasabah salah kaprah dengan asuransi jiwa. Banyak yang mengira membeli asuransi jiwa, itu berarti asuransi kesehatan. Padahal bisa kita lihat, definisi keduanya pun berbeda. Ini akibat dari produk Unit Link yang biasanya menawarkan asuransi tambahan (rider) yang sepaket dengan asuransi kesehatan. Padahal jika menurut PusatAsuransi, asuransi kesehatan sebaiknya terpisah dari polis Unit Link, sehingga akan lebih maksimal manfaatnya, juga lebih aman untuk polis Unit Link yang dimiliki, karena asuransi kesehatan adalah rider yang biayanya paling besar sehingga dapat menggerus nilai investasi pada polis Unit Link. Hanya saja asuransi kesehatan yang terpisah biasanya menerapkan sistem pembayaran premi tahunan, sehingga yang biasa membeli asuransi dengan cara bulanan dengan budget yang sudah fix, Unit Link akan tetap menjadi pilihan utama. Tetapi sekali lagi, ada risiko nilai investasi yang harus dipertimbangkan jika asuransi kesehatan dibeli sebagai rider di Unit Link.
    Dengan membeli asuransi kesehatan secara terpisah, maka nasabah dapat memilih produk yang sesuai dengan manfaat yang maksimal.
    Asuransi kesehatan terdiri dari beberapa jenis, yakni Rawat Inap & Pembedahan (Inpatient & Surgery), Rawat Jalan (Outpatient), Melahirkan (Maternity), Gigi (Dental), dan Kacamata (Vision/Glasses). Tetapi untuk produk individu, yang biasanya ditawarkan dan dapat dibeli adalah khusus Rawat Inap & Pembedahan saja. Untuk yang lainnya biasanya hanya dapat dibeli untuk nasabah korporasi (kumpulan).
  3. ASURANSI KECELAKAAN DIRI
    Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) adalah produk yang mengkhususkan risiko akibat kecelakaan, sehingga tentu preminya lebih murah dari asuransi kesehatan. Manfaat yang diberikan adalah uang santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, uang santunan cacat tetap total ataupun sebagian akibat kecelakaan, dan biaya pengobatan akibat kecelakaan. Yang dimaksud dengan kecelakaan dalam asuransi adalah suatu peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba, tidak terduga sebelumnya, datang dari luar diri Tertanggung, mengandung unsur kekerasan, tidak dikehendaki, dan di dalamnya tidak terdapat faktor kesengajaan
  4. ASURANSI PERJALANAN (TRAVEL INSURANCE)
    Asuransi perjalanan adalah asuransi yang mengcover kerugian pada saat perjalanan keluar kota ataupun keluar negeri. Bukan hanya mengcover kecelakaan ketika terbang dengan pesawat terbang, tetapi juga mengcover biaya-biaya kerugian lain, misalnya keterlambatan bagasi, pembatalan penerbangan, kehilangan dokumen perjalanan, sampai perlindungan rumah yang ditinggalkan, dan lain-lain. Asuransi ini sifatnya adalah short period atau jangka pendek sesuai dengan lamanya perjalanan. Biasanya asuransi ini juga diwajibkan untuk yang ingin melakukan perjalanan keluar negeri yang mewajibkan adanya VISA. Selain itu untuk tujuan negara SCHENGEN (Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Swiss, dan lain-lain) mewajibkan asuransi perjalanan dengan nilai pertanggungan minimum 30,000 Euro.
  5. ASURANSI KEBAKARAN/PROPERTY ALL RISK
    Asuransi kebakaran adalah asuransi yang mengcover kerugian akibat kebakaran pada properti yang dipertanggungkan. Pada polis standar Asuransi kebakaran sudah mencakup pertanggungan FLEXAS (kebakaran, sambaran petir, ledakan tabung, kejatuhan pesawat terbang, dan asap). Selain itu dapat ditambahkan perluasan risiko akibat huru-hara, perbuatan jahat, terorisme & sabotase, tertabrak kendaraan, banjir dan gempa bumi (bencana alam, termasuk tsunami dan letusan gunung berapi). Asuransi kebakaran sendiri disebut dengan named perils, yaitu polis mencantumkan risiko apa saja yang ditanggung. Sedangkan unnamed perils yakni produk Property All Risk (PAR) mencantumkan risiko apa saja yang tidak ditanggung (pengecualian), yang berarti semua risiko yang tidak disebutkan dalam pengecualian itu ditanggung oleh polis. Di Indonesia sendiri, polis PAR belum termasuk dengan polis Gempa Bumi seperti pada di luar negeri. Mungkin dikarenakan potensi gempa bumi ataupun bencana alam sangat besar di Indonesia, maka untuk polis Gempa Bumi dipisah (tetapi mengikuti polis utama dan tidak dapat dibeli sendiri), dengan ketentuan besaran premi yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan wilayah dimana objek pertanggungan berada.
  6. ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR
    Asuransi kendaraan bermotor adalah asuransi yang mengcover kerugian yg dialami oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungan. Kerugian disini berupa biaya perbaikan maupun penggantian akibat pencurian atau kerusakan total.
    Terdapat 2 jenis asuransi kendaraan bermotor, yaitu Total Loss Only (kerusakan total) dan Comprehensive (gabungan). Jaminan Total Loss Only atau sering disebut TLO, adalah jaminan yg menjamin kendaraan bermotor hanya dari kerusakan total atau pencurian. Biasanya perusahaan asuransi memberikan minimum biaya kerusakan yang ditanggung adalah minimal 75% dari harga pertanggungan. Jaminan Comprehensive sering disebut masyarakat awam dengan allrisk, walaupun sebenarnya tidak tepat. Comprehensive adalah jaminan yang mengcover kerugian kerusakaan kendaraan bermotor akibat kecelakaan maupun perbuatan jahat mulai dari kerugian kecil/sebagian hingga kerugian total. Kedua jaminan di atas adalah jaminan dasar dari kendaraan bermotor yaitu akibat kecelakaan ataupun pencurian. Nasabah dapat memberikan jaminan perluasan risiko huru-hara, kerusuhan, terorisme & sabotase, banjir, gempa bumi, kecelakaan diri penumpang, third party liability (tuntutan kerugian pihak ketiga yang diakibatkan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan), maupun manfaat seperti penggunaan bengkel resmi non rekanan asuransi. Biasanya untuk objek pertanggungan sepeda motor, perusahaan hanya bisa mengcover jaminan TLO saja, tidak seperti mobil yang dapat dicover dengan comprehensive maupun TLO.
  7. ASURANSI TANGGUNG GUGAT (LIABILITY INSURANCE)
    Asuransi Tanggung Gugat (Liability Insurance) adalah asuransi yang mengcover kerugian yg dialami oleh tertanggung akibat tuntutan pihak lain yang dirugikan oleh tertanggung. Kerugian yang ditanggung adalah tuntutan akibat kerusakan material maupun body injury dan termasuk biaya hukum yang harus dikeluarkan.
    Berbagai macam jenis produk Tanggung Gugat, tetapi yang paling sering didengar mungkin asuransi Tanggung Gugat Kendaraan Bermotor atau sering disebut Tanggung Jawab Hukum Pihak III (Third Party Liability). Padahal masih banyak jenis Asuransi Tanggung Gugat ini, seperti Hotel Liability, yaitu tanggung gugat atas kerugian tamu yang menginap di hotel tersebut. Tanggung Gugat atas Baliho di jalanan yang dapat menyebabkan cedera atau kerusakan jika jatuh. Tanggung Gugat Profesi, yaitu tanggung gugat atas kejadian malpraktik. Director Liability yaitu kerugian perusahaan akibat kebijakan salah yang dilakukan oleh direktur perusahaan, dan banyak jenis Tanggung Gugat lainnya. Inti dari produk ini adalah adanya kemungkinan adanya tuntutan dari pihak lain yang dirugikan oleh sesuatu yang dilakukan atau dimiliki oleh tertanggung.
  8. ASURANSI PENGANGKUTAN
    Asuransi Pengangkutan terdiri dari Asuransi Marine Hull dan Marine Cargo.
    Marine Hull Insurance, yaitu asuransi yang menutup pertanggungan atas kerugian karena rusak atau musnahnya badan kapal termasuk mesin serta perlatannya yang sedang berlayar karena bahaya alam di lautan atau sebab lain yang dipertanggungkan. Jenis asuransi ini dengan modifikasi juga dapat mengakomodasi penutupan asuransi rangka pesawat terbang (Aviation Insurance).
    Sedangkan Marine Cargo Insurance lebih dikenal dengan asuransi pengangkutan barang, asuransi ini menyediakan pengcoveran resiko terhadap barang melalui suatu sarana pengangkutan/alat angkut baik darat, udara maupun laut.
  9. ASURANSI LAIN-LAIN
    Masih banyak asuransi lain yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Seperti Money Insurance, yaitu asuransi yang melindungi uang yang dimiliki oleh perusahaan dari risiko kebongkaran atau perampokan pada saat berada dalam brangkas, ATM, Teller, Kasir, maupun pada saat berada dalam perjalanan dari/menuju ke Bank/Nasabah/pihak lain sesuai prosedur perusahaan. Kemudian ada Engineering Insurance atau Asuransi Rekayasa, yaitu asuransi yang menutupi pertanggungan atas kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang teknik seperti pembangunan pabrik, bendungan, jalan raya, jembatan, gedung-gedung perkantoran yang dalam pelaksananaannya menghadapi banyak resiko kerugian/kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, sambaran petir, ledakan, banjir, badai, gempa bumi, roboh, tanah longsor, pencurian, kelalaian, tindak kejahatan dan lain-lain. Asuransi ini memberikan jaminan keuangan kepada Anda agar pekerjaan teknik Anda tidak terganggu walaupun terjadi suatu kerusakan/kerugian atas objek pertanggungan. Kemudian ada Bonding Insurance atau Asuransi Penjaminan, yang terdiri dari berbagai jenis jaminan. Mulai dari Bid Bond yang menjamin Obligee apabila Principal mengundurkan diri (ingkar janji) atau tidak melanjutkan penandatangan kontrak yang biasanya diperlukan untuk tender yang secara khusus dipersyaratkan. Kemudian Performance Bond yang memberikan jaminan atas kesanggupan Principal melaksanakan pekerjaan secara fisik sesuai dengan ketentuan ketentuan dalam kontrak. Sampai kepada Maintenance Bond yang memberikan jaminan atas pengerjaan atas maintenance. Pada dasarnya produk ini adalah asuransi yang menjamin kesanggupan pihak kedua atas proyek yang diberikan pihak ketiga. Seringkali digunakan oleh kontraktor-kontraktor untuk memberikan jaminan bahwa mereka sanggup menjalani permintaan si pemilik proyek. Dan masih banyak asuransi lainnya yang akan dibahas di lain waktu.
All Rights Reserved. Copyright © 2015 - PusatAsuransi.com Contact Us