HAL-HAL PENTING

PADA SAAT PERMOHONAN ASURANSI

  1. Harga Pertanggungan harus memadai.
    Apabila harga pertanggungan di bawah harga sebenarnya, maka Tertanggung akan menanggung bagian kerugiannya secara proporsional
  2. Apabila terdapat fluktuasi harga yang cukup tajam atau peningkatan Harga Pertanggungan ataupun perubahan-perubahan yang cukup mendasar pada polis (contoh pindah tangan, pindah lokasi, perubahan okupasi), segera beritahu Perusahaan Asuransi/ Agen/ Broker.
  3. Beritahu Perusahaan Asuransi/ Agen/ Broker apabila terdapat asuransi lain yang terlibat.
  4. Premi sudah harus lunas dalam jangka waktu maksimum yang ditentukan Perusahaan Asuransi.
  5. Masing-masing pihak berhak menghentikan pertanggungan secara sepihak tanpa keharusan memberitahukan alasan. Pemberitahuan ini harus dilakukan secara tertulis dan Perusahaan Asuransi bebas dari segala kewajiban setelah 3×24 jam, Pukul 12.00 waktu setempat dari tanggal pengiriman surat pemberitahuan tersebut.
  6. Apabila Perusahaan Asuransi yang membatalkan, maka Tertanggung berhak atas pengembalian premi yang dihitung secara prorata hari. Apabila Tertanggung yang membatalkan, maka Perusahaan Asuransi berhak atas premi yang diperhitungkan secara prosentase (premi jangka pendek)

 

PADA SAAT KLAIM

  1. Tertanggung wajib segera memberitahukan Perusahaan Asuransi/ Agen/ Broker, menyerahkan segala bukti dan keterangan lain yang wajar dan patut untuk penyelesaian klaim.
  2. Tertanggung wajib meminimalisasi/ menyelamatkan sedapat mungkin harta benda yang dipertanggungkan dari kerugian/ kerusakan lebih lanjut.
  3. Taksiran Harga dalam Hal Kerugian:
    • Harga berdasarkan harga sebenarnya pada saat sebelum terjadi kerugian/ kerusakan, tanpa ditambah unsur laba sedikitpun.
    • Pondasi atau bangunan di bawah tanah tidak dihitung dalam taksiran, kecuali dipertanggungkan secara spesifik.
  4. Apabila Tertanggung dengan sengaja memberikan laporan tidak benar, maka Tertanggung menjadi tidak berhak memperoleh ganti rugi.
  5. Apabila kerugian yang dialami belum seluruhnya (total loss) dan kedua pihak masih bersedia meneruskan pertanggungan, maka Tertanggung wajib memulihkan Harga Pertanggungan sebesar kerugian yang terjadi.
  6. Klaim harus dilaporkan kepada Perusahaan Asuransi/ Agen/ Broker selambat-lambatnya 3×24 jam setelah Tertanggung mengetahui adanya klaim atau kemungkinan adanya klaim.
All Rights Reserved. Copyright © 2015 - PusatAsuransi.com Contact Us