Group Employee Health Insurance

DEFINISI PRODUK

Manfaat asuransi sebagai media transfer resiko kerugian tentunya sudah banyak disadari oleh masyarakat di Indonesia. Begitu juga dengan perusahaan besar yang memiliki banyak karyawannya yang pastinya tidak ingin menanggung berbagai kerugian yang dialami oleh karyawan yang menjadi tanggungan perusahaan. Kerugian karyawan adalah kerugian perusahaan, karena karyawan merupakan aset perusahaan.

Namun pada kenyatannya masih ada perusahaan yang tidak peduli dan perhatian terhadap karyawannya dengan tidak mendaftarkan perusahaannya pada asuransi kesehatan karyawan. Padahal perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan dengan memberikan asuransi kesehatan yang baik untuk karyawannya, antara lain:

Biaya kesehatan karyawan terkontrol

Dengan memiliki asuransi kesehatan karyawan, maka biaya kesehatan perusahaan akan lebih terkontrol daripada harus mengelola sendiri. Tidak akan ada yg bisa mencegah seorang karyawan, termasuk keluarga karyawan, untuk mengalami sakit atau kecelakaan. Semua itu akan merugikan perusahaan karena karyawan adalah tanggung jawab perusahaan.

[-]
Proses Administrasi yang mudah

Dengan memiliki asuransi kesehatan karyawan, maka perusahaan tidak perlu lagi harus mengurus satu persatu biaya kesehatan karyawannya. Karyawan maupun keluarganya dapat langsung berhubungan dengan perusahaan asuransi tanpa melewati perantara lagi ketika terjadi klaim.

[-]
Fungsi HRD akan lebih maksimal

Dengan tidak perlu lagi mengurusi biaya kesehatan karyawannya, maka HRD dapat lebih menjalankan fungsinya dengan maksimal tanpa perlu terganggu dengan analisa kebutuhan asuransi sampai dengan klaim biaya kesehatan karyawan yang bisa saja setiap hari muncul.

[-]
Karyawan akan lebih loyal terhadap perusahaan

Bukan rahasia lagi, jika bukan hanya sekadar gaji saja yang menjadi suatu pertimbangan karyawan bertahan di suatu perusahaan. Fasilitas juga menjadi suatu pertimbangan yang tidak kalah pentingnya dengan gaji, dan salah satunya adalah asuransi kesehatan. Dengan fasilitas asuransi kesehatan yang bagus, maka karyawan akan berpikir ulang untuk berpindah ke perusahaan lainnya, apalagi kompetitor.

[-]
Jaminan kesehatan sosial pemerintah yang tidak maksimal

Setiap perusahaan memang wajib mendaftarkan karyawannya dengan jaminan kesehatan sosial pemerintah (BPJS Kesehatan), tetapi tentu fasilitas yang didapat berbeda. Setiap peserta harus melalui prosedur yang berjenjang, seperti rujukan dari Puskesmas kemudian ke rumah sakit yang ditunjuk (tidak bisa memilih rumah sakit terbaik), bahkan seringkali ditolak rumah sakit dengan alasan kamar penuh. Dengan memiliki asuransi kesehatan tersendiri, karyawan tidak akan lagi kesulitan dalam mendapatkan perawatan terbaik dan berfokus kepada kesembuhan untuk dapat kembali bekerja.

[-]

 

MEMILIH ASURANSI KESEHATAN KARYAWAN YANG TERBAIK

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dengan memiliki asuransi kesehatan karyawan, permasalahan berikutnya adalah memilih asuransi kesehatan karyawan yang terbaik. Begitu banyak perusahaan asuransi di Indonesia, tentu bagi yang tidak bergerak di bidang asuransi, akan kesulitan dalam mencari asuransi kesehatan karyawan yang terbaik. Tentu akan banyak waktu yang habis jika harus mencari yang terbaik. Untuk itu PusatAsuransi hadir untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan Anda. Kami akan memberikan penawaran yang terbaik dengan minimal 3 penawaran dari 3 perusahaan asuransi yang berbeda (dengan syarat minimal 25 karyawan untuk 3 penawaran). Tentu sebelumnya kami akan menganalisa dan menyeleksi terlebih dahulu hingga mendapatkan 3 penawaran terbaik. Bahkan jikapun penawaran tersebut belum sesuai, kami masih dapat memberikan alternatif penawaran sehingga didapatkan suatu keputusan yang terbaik.

 

MANFAAT ASURANSI

Pada dasarnya, produk asuransi kesehatan karyawan merupakan produk tailor-made (bisa dicustom sesuai kebutuhan). Beberapa gambaran produk asuransi kesehatan karyawan yang biasa kami tawarkan kepada perusahaan adalah sebagai berikut:

Manfaat Rawat Inap

Terdapat beberapa pilihan model manfaat rawat inap yang dapat dipilih, yaitu:

  • Inner Limit
    Yaitu adanya limit dari setiap jenis tindakan yang ada. Misalkan biaya pembedahan limit Rp. 25 juta per perawatan, biaya kunjungan dokter dengan limit Rp. 100.000 per hari, dan lain-lain. Karena setiap tindakan sudah diatur secara inner limit, dan biasanya untuk limit tahunan (outer limit) tidak lagi dibatasi (unlimited).
  • As Charged – prorate
    Kebalikan dari inner limit, manfaat ini diberikan batasan untuk per perawatan/per tahun, sehingga tidak lagi dibatasi per bagian. Biasanya penentu kelas perawatan adalah tanggungan biaya kamar. Biaya perawatan akan ditanggung penuh sesuai limit per perawatan/per tahun, asalkan peserta tidak dirawat pada kamar yang lebih tinggi dari yang menjadi haknya. Jika melebihi, maka akan ditanggung secara prorate.
  • Semi As Charged (As Charged + Inner Limit)
    Sama seperti penjelasan As Charge – Prorate, tetapi perbedaannya adalah jika dirawat di kamar yang melebihi haknya, maka manfaat akan otomatis dihitung secara inner limit dan outer limit.
  • As Charged – Non Prorate
    Manfaat ini tetap akan ditanggung penuh sekalipun peserta dirawat pada kamar yang melebihi haknya. Tetapi peserta tetap perlu membayar sendiri selisih harga kamarnya. Tidak semua perusahaan asuransi menyediakan manfaat ini, dan perusahaan asuransi yang menyediakan manfaat ini memberikan persyaratan minimal 50-100 peserta dengan premi tahunan > Rp. 300 Juta.
  • As Charged – with room type
    Manfaat ini biasanya tidak ditentukan oleh harga kamar, melainkan pada tipe kamar. Misalkan peserta mendapatkan hak private room dengan harga terendah yang ada di Rumah Sakit tempatnya dirawat, maka tidak akan ada selisih biaya yang harus dibayarkan, kecuali jika telah melebihi limit per perawatan/per tahunnya. Prorata akan dihitung jika peserta memilih kelas kamar yang lebih tinggi dari haknya (misal hak kamar private dengan harga terendah, tetapi memilih dirawat yang harganya tertinggi). Manfaat ini sebenarnya merupakan produk individu yang dikonversi menjadi produk korporasi. Setiap peserta yang diberikan manfaat ini, tetap perlu memberikan keterangan medis dirinya. Minimal 3 karyawan (biasanya expatriate).

Selain itu, terdapat hal-hal yang perlu menjadi perhatian, yakni:

  • Reinstatement atau Pemulihan Manfaat
    Manfaat ini biasanya terdapat pada inner limit (walaupun tidak menutup kemungkinan pada as charge). Reinstatement adalah pemulihan manfaat/limit menjadi sediakala setelah melewati beberapa hari untuk satu jenis penyebab perawatan. Contoh : Limit biaya aneka (obat-obatan, dll) adalah Rp. 10 Juta per perawatan (misal perawatan akibat demam berdarah). Biaya yang telah ditanggung adalah Rp. 8 Juta. Setelah melewati 30 hari, maka limit akan kembali pulih menjadi Rp. 10 Juta sekalipun dirawat kembali dikarenakan demam berdarah. Masa tunggu reinstatement biasanya berkisar pada 30 hari, 14 hari, dan 7 hari.
  • Ekses Klaim
    Terdapat beberapa pilihan ekses klaim, yaitu biaya-biaya kelebihan yang menjadi tanggungan peserta dikarenakan keterbatasan limit. Pilihannya adalah (1) ekses klaim dibayar langsung di tempat (Rumah Sakit) oleh peserta, (2) ekses klaim ditanggung sementara oleh perusahaan asuransi, kemudian akan ditagihkan kepada peserta melalui HRD jika memang manfaat tersebut dicover, (3) ekses klaim ditanggung sementara oleh perusahaan asuransi, sekalipun manfaat tersebut tidak dicover.

[-]
Manfaat Rawat Jalan

Pada dasarnya, model manfaat rawat jalan sama seperti rawat inap, dengan adanya inner limit, dan ada juga yang as charged. Perbedaan manfaat pada rawat jalan yang seringkali ada adalah ada yang ditanggung penuh (100%) sesuai limit, dan ada juga yang ditanggung sebagian (80%) dari limit, sehingga terdapat kontribusi peserta jika terjadi klaim. Sistem ini tentunya akan lebih murah biayanya daripada yang ditanggung penuh. Jaminan lainnya yang bisa ditambahkan adalah manfaat imunisasi, pencegahan kehamilan (KB), dan lain-lain.

[-]
Manfaat Melahirkan/Persalinan

Untuk manfaat ini biasanya perbedaannya terletak pada masa tunggu. Ada yang dijamin setelah 12 bulan, 9 bulan 10 hari, ataupun ditanggung sejak hari pertama polis berlaku. Jika ditanggung sejak hari pertama polis berlaku, biasanya dibedakan lagi menjadi ditanggung penuh, ataupun ditanggung secara prorata tergantung lamanya peserta tersebut telah bergabung menjadi peserta asuransi. Manfaat ini mensyaratkan minimal 25 peserta wanita (karyawan/istri karyawan).

[-]
Manfaat Gigi dan Kacamata

Biasanya manfaat ini tidak terlalu banyak disentuh, tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada permintaan khusus oleh perusahaan. Yang ditanggung biasanya adalah lensa/kontak lensa maupun gagang kacamata.

[-]
Manfaat Meninggal Dunia (Santunan Duka)

Manfaat ini termasuk dalam manfaat dasar Rawat Inap. Diberikan kepada ahli waris peserta (atau perusahaan) atas segala kecelakaan atau penyakit yang dijamin pada polis. Biasanya manfaat yang diberikan adalah Rp. 10.000.000. Jika ada permintaan lebih tinggi, biasanya akan diberikan pada polis terpisah (khusus asuransi jiwa).

[-]
Profit Sharing

Merupakan pengembalian sebagian dana ataupun pemotongan biaya (diskon) perpanjangan asuransi jika memenuhi persyaratan maksimal klaim. Formula untuk setiap perusahaan adalah berbeda-beda. Anda dapat memilih yang mana menurut perusahaan Anda lebih menguntungkan. Untuk mendapatkan sistem profit sharing ini, biasanya ada persyaratan minimum premi (rata-rata > Rp. 100.000.000).

[-]
Masa Tunggu (Waiting Period)

Masa tunggu adalah suatu proses kejadian baru dapat diklaim setelah melewati lamanya masa tunggu tersebut. Terdapat beberapa masa tunggu standar dalam produk asuransi kesehatan grup. Biasanya adalah 30 hari sejak polis terbit untuk segala jenis penyakit, 12 bulan untuk penyakit-penyakit khusus, dan 12 bulan untuk penyakit yang sudah pernah dialami (pre-existing condition). Tetapi atas suatu permintaan khusus dengan persetujuan perusahaan asuransi, semua jenis masa tunggu tersebut dapat dihapuskan, sehingga tidak ada lagi masa tunggu yang harus dilewati untuk mendapatkan manfaat asuransi tersebut.

[-]
Persyaratan Umum

Persyaratan standar untuk dapat dicover oleh asuransi kesehatan karyawan secara tailor made, biasanya minimal berjumlah 25 karyawan, atau 100 karyawan untuk tailor-made yang lebih advanced. Tetapi kami dapat memberikan juga penawaran dengan manfaat lengkap sekalipun hanya ada 10 peserta saja (untuk ini kami hanya dapat memberikan 1 pilihan penawaran saja dikarenakan rata-rata perusahaan asuransi mensyaratkan minimal 25 karyawan). Untuk tanggungan karyawan (pasangan dan anak) juga dapat diikutsertakan dalam asuransi kesehatan karyawan ini dengan limit manfaat yang sama dengan karyawan terdaftar.

[-]
Bagaimana cara mengajukan permohonan?

Anda dapat menggunakan Opsi Plan Standar yang kami sediakan sebagai patokan awal (plan masih memungkinkan untuk diubah secara tailor made), dan Anda dapat memberikan daftar calon peserta menggunakan format pengajuan yang telah kami sediakan di bawah ini. Selebihnya, silahkan konsultasikan kebutuhan Anda mengenai Asuransi Kesehatan Karyawan ini, melalui email : bondan@pusatasuransi.com atau WhatsApp ke 62 813 3106 4766. Dengan senang hati kami akan membantu Anda.

[-]

 

FORMAT PENGAJUAN  OPSI PLAN STANDAR

 

All Rights Reserved. Copyright © 2015 - PusatAsuransi.com Contact Us