Director’s & Officer’s (D&O) Liability

dando

DIRECTORS & OFFICERS (D&O) LIABILITY

Asuransi Directors & Officers Liability (D&O) dirancang untuk memberikan perlindungan hukum kepada para Komisaris, Direktur, maupun Pejabat Perusahaan atas risiko tuntutan pihak ketiga yang terjadi dikarenakan tindakan salah yang dilakukan ketika bertindak (wrongful act) dalam kapasitas mereka pada jabatan tersebut.

Pada produk D&O Liability ini, Tertanggung adalah para direktur dan pejabat perusahaan (misalnya presiden direktur dan komisaris), baik yang pernah, sedang, maupun akan duduk di jabatan tersebut.

Sedangkan “Pihak Ketiga” dalam produk ini adalah regulator, shareholders, stakeholders, kompetitor, dan karyawan, yang mengalami kerugian sebagai akibat dari kekeliruan atau kelalaian yang dilakukan secara tidak disengaja oleh Tertanggung. Sehingga ganti rugi atau kompensasi diberikan kepada Pihak Ketiga sehubungan dengan Kerusakan Harta Benda (Property Damage), Cedera Badan (Bodily Injury), Kerugian Keuangan (Financial Loss), atau Kehilangan Keuntungan (Consequential Loss) yang dideritanya.

 

MENGAPA HARUS D&O LIABILITY

Direktur dan Komisaris membutuhkan jaminan asuransi D&O Liability dikarenakan antara lain:

  • Tanggung Jawab dan Akuntabilitas yang besar
    Direktur dan Komisaris dapat dituntut secara pribadi oleh pemegang saham, kreditur, nasabah, karyawan bahkan oleh masyarakat umum secara luas.
  • Kesadaran Hukum Masyarakat semakin tinggi
    Masyarakat secara individu maupun secara kelompok atau perusahaan semakin sadar akan hak-hak mereka secara hukum, oleh karenanya mereka semakin sadar untuk menuntut hak-hak atau kerugian yang terjadi melalui pengadilan.
  • Meningkatnya Pengawasan maupun Peraturan
    Pengawasan maupun Peraturan yang diterapkan oleh Pemerintah maupun Industri semakin ketat, biaya pengacara, biaya berperkara di pengadilan pastinya kan menjadi sangat mahal.

Produk ini ditujukan untuk perusahaan publik dan swasta, kemitraan dan entitas nirlaba.

 

LINGKUP JAMINAN D&O LIABILITY

Secara umum, Asuransi D&O Liability memberikan jaminan atas kerugian yang timbul dari klaim tuntutan hukum terhadap Direksi dan Pejabat perusahaan yang telah atau dianggap telah melakukan tindakan yang salah (Wrongful Act) pada saat bertindak dalam kapasitas mereka (seputar hal managerial atau operasional) sebagai Direktur dan Pejabat Perusahaan, yang meliputi:

  • Biaya pembelaan hukum.
  • Cakupan jaminan diperluas untuk anak perusahaan dari pemegang polis, serta perwakilan dari pemegang polis atau anak perusahaan pada perusahaan dimana berpartisipasi minoritas.
  • Jaminan untuk individu dalam kasus pelanggaran hukum praktek kerja.
  • Perluasan khusus dan layanan nilai tambah yang disesuaikan dengan setiap pelanggan

Jaminan D&O Liability berikut ini diberikan berkaitan dengan klaim asuransi yang pertama kali diajukan selama Jangka Waktu Polis dan dilaporkan sebagaimana diwajibkan oleh Polis.

  1. JAMINAN DASAR
    1. PERLINDUNGAN ORANG TERTANGGUNG
      Tanggung Jawab Manajemen

      • membayarkan kepada atau atas nama dari setiap Orang Tertanggung atas setiap Kerugian kecuali apabila Orang Tertanggung tersebut sudah mendapatkan ganti rugi dari Perusahaan atas Kerugian; atau
      • memberikan penggantian kepada Perusahaan untuk setiap Kerugian dimana Perusahaan telah memberikan ganti rugi Orang Tertanggung.

      [-]
      Pemeriksaan

      Membayarkan Biaya-biaya Pemeriksaan dari setiap Orang Tertanggung yang timbul dari suatu Pemeriksaan. Penanggung juga akan membayarkan Biaya-biaya Pra-Pemeriksaan dari setiap Orang Tertanggung yang timbul dari suatu Kejadian Krisis Pihak Berwenang.

      [-]
      Direktur Badan Hukum Luar

      Membayarkan atas nama atau mengganti kerugian setiap Direktur Badan Hukum Luar atau Perusahaan atas Kerugian dari Direktur Badan Hukum Luar.

      [-]
      Biaya Pembelaan atas Cidera Badan dan Kerusakan Harta Benda

      Membayar Biaya Pembelaan dari setiap Orang Tertanggung untuk setiap Klaim yang berhubungan dengan Cidera Badan dan/atau Kerusakan Harta Benda.

      [-]
      Biaya-biaya Pembebasan Harta Benda

      • Premi untuk Surat Jaminan Bebas dan Surat Jaminan Sipil (jika berlaku menurut Undang undang di Indonesia);
      • Biaya Penuntutan; dan
      • Biaya-biaya Pembebasan Harta Benda,

      dari setiap Orang Tertanggung.

      [-]
      Biaya Hubungan Masyarakat

      Membayar Biaya Hubungan Masyarakat dari setiap Orang Tertanggung.

      [-]
      Biaya Ekstradisi

      Membayar Biaya Ekstradisi dari setiap Orang Tertanggung.

      [-]
    2. PERLINDUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
      Sekuritas Perusahaan

      Mengganti Kerugian dari setiap Perusahaan yang timbul dari Klaim Sekuritas.

      [-]
      Pelanggaran Praktik Ketenagakerjaan Perusahaan

      Mengganti Kerugian dari setiap Perusahaan yang timbul akibat adanya Pelanggaran Praktik Ketenagakerjaan.

      [-]
  2. JAMINAN PERLUASAN
    Penawaran Perdana, Pendaftaran atau Perdagangan Sekuritas

    Apabila, selama Jangka Waktu Polis, Perusahaan melakukan suatu penawaran umum perdana atau terbatas atas Sekuritas di suatu yurisdiksi (selain di Amerika Serikat, Kanada atau setiap wilayah atau daerah kekuasaan mereka), D&O Liability akan membayar Kerugian akibat dari Klaim Sekuritas yang:

    • Terkait dengan penawaran perdana umum atau terbatas dari Sekuritas tersebut; dan
    • Pertama kali diajukan selama jangka waktu yang berakhir tiga puluh (30) hari kalender setelah Sekuritas tersebut ditawarkan, didaftarkan atau diperdagangkan, atau setelah berakhirnya Jangka Waktu Polis, mana yang terjadi terlebih dahulu;

    [-]
    Penawaran Sekuritas Kedua

    Apabila, selama Jangka Waktu Polis, Perusahaan:

    • melakukan penawaran sekunder atas Sekuritas di suatu yurisdiksi di mana Sekuritas tersebut telah diperdagangkan (selain di Amerika Serikat, Kanada atau setiap wilayah atau daerah kekuasaan mereka); dan
    • penawaran Sekuritas tersebut mewakili tidak lebih dari lima puluh persen (50%) dari total kapitalisasi pasar Perusahaan pada tanggal penawaran sekunder;

    Penanggung akan membayar Kerugian akibat klaim asuransi yang terkait dengan penawaran kedua Sekuritas.

    [-]
    Anak Perusahaan Baru (New Subsidiary)

    Jaminan mencakup setiap badan hukum yang menjadi Anak Perusahaan dari Tertanggung selama Jangka Waktu Polis untuk kerugian-kerugian sebagai berikut:

    • Tindakan Kesalahan yang dilakukan atau diduga telah dilakukan; dan/atau
    • suatu hal yang merupakan subyek dari sebuah Pemeriksaan, Kejadian Krisis Pihak Berwenang, proses ekstradisi atau proses hukum terhadap Harta Benda dan Pembebasan yang terjadi atau yang muncul;

    namun hanya pada saat atau sewaktu badan hukum tersebut merupakan Anak Perusahaan.

    [-]
    Periode Penemuan (Discovery Period)

    Periode Penemuan adalah periode segera setelah berakhirnya Jangka Waktu Polis, dimana pemberitahuan tertulis dapat diberikan kepada Penanggung atas suatu klaim asuransi yang pertama kali dilaporkan selama periode tersebut:

    • untuk Tindakan Kesalahan yang terjadi sebelum berakhirnya Jangka Waktu Polis; atau
    • dalam kasus sebuah Pemeriksaan, Kejadian Krisis Pihak Berwenang, proses ekstradisi atau Proses Hukum Pembebasan Harta Benda, yang terjadi atau timbul sebelum berakhir nya Jangka Waktu Polis.

    [-]
    Periode Penemuan Seumur Hidup untuk Para Pensiunan Orang Tertanggung

    Memberikan Periode Penemuan tidak terbatas kepada setiap Orang Tertanggung yang telah mengundurkan diri atau pensiun dalam hal Polis:

    • tidak diperpanjang atau diganti; atau
    • di mana perpanjangan atau penggantian tersebut tidak memberikan jaminan bagi Orang Tertanggung yang telah mengundurkan diri atau pensiun. Perluasan ini tidak berlaku apabila Orang Tertanggung yang bersangkutan mengundurkan diri atau pensiun dari posisi mereka di Perusahaan dikarenakan suatu Transaksi.

    [-]
    Biaya Darurat (Emergency Cost)

    Biaya Darurat adalah Biaya Pembelaan yang melebihi besarnya Risiko Sendiri yang berlaku:

    • dikeluarkan tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Penanggung karena keadaan darurat yang tidak memungkinkan Tertanggung untuk mendapatkan persetujuan tersebut; dan
    • untuk pembelaan atas suatu Klaim saja; dan
    • yang kemudian Penanggung setuju bahwa biaya tersebut dikeluarkan secara wajar.

    [-]
    Pelanggaran Lingkungan (Environmental Violation)

    Pelanggaran Lingkungan adalah setiap klaim asuransi berdasarkan, timbul dari, atau terkait dengan suatu Kondisi Lingkungan jika dan sejauh mana klaim asuransi tersebut adalah:

    • suatu Klaim Sekuritas; atau
    • adalah Pelanggaran Praktik Ketenagakerjaan terhadap Orang Tertanggung; atau
    • terhadap Orang Tertanggung atas Tindakan Kesalahan sehubungan dengan kekeliruan atau kegagalan dalam mengungkapkan informasi sebagaimana diatur oleh undang-undang, peraturan, ketentuan, atau hukum umum yang mengatur atau yang menuntut pertanggungjawaban untuk Kondisi Lingkungan Hidup; atau
    • mengakibatkan Kerugian yang tidak dijamin pada Orang Tertanggung.

    [-]
  3. PENGECUALIAN UMUM
    Perilaku

    Perilaku yang timbul dari, berdasarkan atau terkait dengan:

    • memperoleh keuntungan atau manfaat yang terhadapnya Tertanggung tidak berhak secara hukum; atau
    • melakukan tindakan pidana, tidak jujur atau penipuan apapun,

    dalam hal dimana salah satu dari dua tindakan tersebut di atas dapat dibuktikan dengan keputusan tetap dari pengadilan atau arbitrase atau oleh pengakuan formal tertulis oleh Orang Tertanggung.

    [-]
    Klaim Asuransi dan Keadaan Sebelumnya

    Klaim Asuransi yang timbul dari, berdasarkan atau terkait dengan:

    • dugaan fakta-fakta atau tuduhan Tindakan Kesalahan yang sama atau terkait atau yang terdapat dalam setiap klaim asuransi yang telah atau yang seharusnya bisa dilaporkan atau dalam keadaan apapun dimana pemberitahuan telah atau seharusnya bisa diberikan berdasarkan polis manapun dimana Polis ini adalah perpanjangan atau penggantian atau yang merupakan kelanjutan dari polis tersebut dalam suatu waktu; atau
    • setiap proses acara hukum perdata, pidana, tata negara atau penegakan undang undang yang tertunda atau sudah terjadi sebelumnya, pemeriksaan, arbitrase atau pengadilan dimana Tertanggung telah mengajukan pemberitahuan tepat pada Tanggal Kontinuitas (Continuity Date), atau yang merujuk pada tuduhan atau yang berasal dari fakta-fakta atau dasar yang sama dengan yang dituduhkan pada tindakan-tindakan tersebut.

    [-]
    Cidera Badan dan Kerusakan Harta Benda untuk Cidera Badan dan/atau Kerusakan Harta Benda

    Pengecualian ini tidak berlaku untuk:

    • setiap klaim asuransi atas tekanan jiwa terkait dengan suatu Pelanggaran Praktik Ketenagakerjaan;
    • Biaya Pembelaan Cidera Badan & Kerusakan Harta Benda yang termasuk dalam jaminan;
    • setiap Biaya Pembelaan yang timbul dari suatu Kerugian yang diderita Orang Tertanggung terkait dengan perkara pengadilan untuk pelanggaran atas tugas yang telah menyebabkan kematian seseorang di tempat kerja.

    [-]
    Layanan Profesional

    Pengecualian Layanan Profesional untuk setiap kesalahan atau kelalaian dalam penyediaan Layanan Profesional.

    Pengecualian ini tidak berlaku untuk Klaim derivatif yang diajukan terhadap Orang Tertanggung dengan tuduhan suatu kegagalan dalam mengawasi orang-orang yang menjalankan atau gagal menjalankan Layanan Profesional tersebut.

    [-]
    Transaksi

    Setiap Transaksi timbul dari, berdasarkan pada atau terkait dengan setiap Tindakan Kesalahan yang dilakukan setelah tanggal Transaksi efektif, kecuali apabila Transaksi tersebut telah disetujui untuk diabaikan sesuai dengan Ketentuan Umum Polis.

    [-]

 

PREMI

Produk ini tidak menetapkan premi yang tetap (fix). Premi dihitung berdasarkan Underwriting Information yang dibutuhkan, yakni:

  • Company Profile
  • Laporan Keuangan atau neraca laba-rugi dalam 2 tahun terakhir
  • Mengisi Proposal Form Permohonan Asuransi
  • Informasi kasus hukum yang sedang dihadapi (jika ada)
  • Pengalaman klaim dan potensi klaim (jika ada)
  • Limit dan Deductible yang diinginkan

Pemohon dapat mengirimkan dokumen-dokumen tersebut melalui email: bondan@pusatasuransi.com.

 

D&O Proposal Form

All Rights Reserved. Copyright © 2015 - PusatAsuransi.com Contact Us