Asuransi Pembangunan Kapal (Marine Builder’s Risk Insurance)

marine-builder

 

MARINE BUILDER’S RISK INSURANCE

Asuransi Pembangunan Kapal (Marine Builder’s Risk Insurance) menjamin segala risiko (all risks) kerugian atau kerusakan pada kapal dan mesin (Hull & Machinery) yang mungkin terjadi sehubungan dengan pembangunan atau pembuatan kapal dari sejak tahapan peletakan lunas sampai selesai (from laying of keel to completion) termasuk risiko peluncuran (launching), termasuk percobaan pelayaran (sea trials), sampai dengan penyerahan kepada principal di pelabuhan tujuan (delivery to owners). Wording polis yang biasa digunakan adalah “Institute Clauses for Builders’ Risks (1/6/88) – CL.351” yang dikeluarkan oleh The Institute of London Underwriters.

 

RISIKO APA SAJA YANG DIJAMIN?

Berdasarkan tahapan-tahapan pembangunan kapal, secara garis besar risiko-risiko (perils) yang dihadapi (atau yang dijamin) dalam polis Marine Builders’ Risks Insurance dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

  1. Tahapan Pembangunan Kapal (Construction)
    Dapatkah Anda bayangkan bagaimana ratusan atau ribuan ton plat baja ditempa dan dilas dijadikan bentuk sebuah kapal?? Risiko utama yang dihadapi pada masa konstruksi tentu saja adalah bahaya api atau kebakaran, di samping risiko lainnya seperti pencurian, kerusuhan, huru-hara, banjir angin topan, dan lain-lain.
  2. Tahapan Peluncuran (Launching)
    Tahapan berikutnya yang kritis adalah peluncuran, karena bisa saja terjadi kesalahan atau kegagalan dalam peluncuran (failure to launch) yang dapat berakibat kerusakan serius atau patah.
  3. Tahapan Percobaan Pelayaran (Sea Trials)
    Sea Trials adalah tahapan yang tidak kalah kritisnya dimana machinery, equipment dan navigation tools dites, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak, dan apakah pelayaran dapat dilakukan dengan sempurna. Sea trials biasanya dilakukan dengan jarak navigasi tidak lebih dari 250 nautical miles dari port.
  4. Tahapan Penyerahan (Delivery to Owners)
    Jika kapal telah dinyatakan “Lulus” maka tahapan Delivery to Owners tidak lebih dari sekedar pelayaran singkat saja, risiko yang dihadapi tentunya hanya bergantung kepada jauhnya jarak yang akan ditempuh dan perils of the seas.

 

Berikut adalah jaminan-jaminan yang terdapat pada polis Marine Builder’s Risk Insurance:

  • Faulty Design
    Marine Builder’s Risk Insurance juga menjamin kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh kesalahan design (Faulty Design) dari suku cadang atau parts yang dipergunakan dalam pembangunan kapal tersebut.
  • General Average, Salvage dan Sue and Labour
    Asuransi Builders’ Risks menjamin kontribusi general average, salvage, salvage charges dan sue and labour untuk mencegah atau memperkecil kerugian dalam hal terjadi misfortune.
  • Collision Liability
    Asuransi Builders’ Risks menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga akibat tubrukan dengan kapal lainnya (Collision Liability) serta biaya-biaya hukum, pengacara atau pengadilan sehubungan dengan klaim tersebut (legal costs).
  • Protection and Indemnity (P & I)
    Selain menjamin Collission Liability Builders’ Risks Insurance juga menjamin Protection and Indemnity (P&I) namun terbatas pada tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga akibat tubrukan kapal dengan benda lain (fixed or floating object), cidera badan, kematian atau penyelamatan jiwa di laut, biaya-biaya penyingkiran bangkai kapal (removal of wreck) serta biaya-biaya hukum, pengacara atau pengadilan sehubungan dengan klaim tersebut (legal costs). Namun tidak menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga sehubungan dengan Crew, Cargo, dan Pollution Liabilities.

 

RISIKO YANG TIDAK DIJAMIN

Risiko Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami, biasanya merupakan jaminan tambahan dalam polis Builders’ Risks Insurance, begitu juga dengan risiko Perang, Kerusuhan, dan Huru Hara (War, Strikes, Malicious Acts). Namun untuk risko Nuclear and Terrorism biasanya tetap termasuk risiko yang tidak dijamin.

 

CLASSIFICATION

Warranty yang biasanya dipersyaratkan adalah “Warranted Vessel built in accordance to specification and requirement of International Association of Classification Societies (IACS)” atau Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

 

INSURED VALUE

Harga Pertanggungan atau Insured Value umumnya adalah contract price plus 10% sudah termasuk PPn (VAT), Namun Insured Value juga dapat dibuat provisional jika diperlukan dan disesuaikan dengan harga sebenarnya pembangunan kapal tsb dengan batasan maksimum liability 125% dari provisional value.

 

PREMI

Premi untuk Asuransi Pembangunan Kapal – Builders’ Risks Insurance sangat bergantung pada beberapa underwriting factors yaitu:

  • The Builders: Siapa kontraktornya yang membangun kapal tsb, kualifikasi dan pengalamannya
  • The Builders Yard: Dimana pembangunannya, peralatan dan sarana lainnya
  • The Ship: Jenis kapal yang akan dibangun, kapal cargo, tankers, speed boat, kapal perang, dll
  • Period of Construction: Jangka waktu pembangunan kapalnya berapa lama
  • Delivery Voyage nya kemana?
  • Luas Jaminan, dan lain-lain

Berdasarkan data-data di atas, tarif indikasinya berkisar di angka 0.3 – 0.5% dari Nilai Pertanggungannya.

 

HOW TO INSURE?

Silahkan hubungi kami melalui email: bondan@pusatasuransi.com atau WhatsApp: +6281331064766 untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

All Rights Reserved. Copyright © 2015 - PusatAsuransi.com Contact Us