Asuransi Mobil

Berkendara merupakan suatu kebutuhan dasar dalam menjalankan aktivitas keseharian. Entah itu untuk keperluan pekerjaan, mengantar anak ke sekolah, hingga sekedar rekreasi, semuanya melibatkan kendaraan sebagai sarana yang membantu kehidupan Anda. Hal ini membuat asuransi mobil menjadi suatu kebutuhan yang primer karena banyak ketidakpastian yang bisa terjadi di jalanan.

 

JAMINAN DASAR

Terdapat 2 (dua) pilihan jaminan dasar dalam asuransi mobil, yaitu:

Comprehensive (Gabungan)

Jaminan ini memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan/kerugian pada kendaraan karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian ataupun kecelakaan lalu lintas, kebakaran.

[-]
Total Loss Only (Kerugian Total)

Jaminan ini memberikan perlindungan dari risiko kehilangan total akibat pencurian, kebakaran, maupun kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kerusakan total pada kendaraan Anda. Kerusakan total disini dapat diartikan sebagai nilai perbaikan yang besarannya mencapai minimal 75% dari harga mobil itu sendiri.

[-]

 

JAMINAN PERLUASAN

Selain jaminan dasar, terdapat pula jaminan perluasan (tambahan) pada asuransi mobil. Jaminan ini dikenakan premi tambahan.

Banjir, Badai, Hujan Es, Tanah Longsor, Angin Topan

Memberikan jaminan terhadap kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang dipertanggungkan, yang disebabkan secara langsung oleh angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air dan atau tanah longsor.

Untuk kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang dipertanggungkan, yang disebabkan secara langsung oleh banjir hanya menjamin kerugian dan atau kerusakan yang disebabkan oleh Water Damage Only, dan tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan yang disebabkan oleh Water Hammer (kerusakan mesin akibat air yang masuk ke mesin yang dalam keadaan hidup).

Contoh Kerugian / Kerusakan akibat Water Damage:

  • Pembersihan interior mobil akibat banjir.
  • Kerusakan bagian Electrical dan Computer pada mobil akibat banjir.
  • Kerusakan aksesoris lainnya selain Engine (mesin) akibat banjir.

[-]
Gempa Bumi, Tsunami, Letusan Gunung Berapi

Memberikan jaminan terhadap kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor yang dipertanggungkan, yang disebabkan secara langsung oleh gempa bumi, tsunami, dan atau letusan gunung berapi.

[-]
Huru Hara dan Kerusuhan (SRCC), Terorisme dan Sabotase

Memberikan jaminan sebagaimana diatur di bawah ini:

  1. RISIKO YANG DIJAMIN
    1. Kerusakan pada Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh salah satu atau lebih dari risiko-risiko berikut ini:Kerusuhan
      • Pemogokan
      • Penghalangan Bekerja
      • Perbuatan Jahat
      • Tawuran
      • Huru-Hara
      • Pembangkitan Rakyat tanpa penggunaan senjata api
      • Revolusi tanpa penggunaan senjata api
      • Makar
      • Terorisme
      • Sabotase
      • Pencegahan yang wajar terkait risiko-risiko tersebut di atas
    2. Kerugian atas kendaraan bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh penjarahan yang terjadi selama Kerusuhan.

    Dengan syarat risiko-risiko tersebut tidak berkembang dalam rangkaian kejadian yang tidak terputus menjadi satu atau lebih dari risiko-risiko yang dikecualikan.

  2. RISIKO YANG DIKECUALIKAN
    Perluasan pertanggungan ini mengecualikan segala kerugian atau kerusakan, termasuk kerugian atau kerusakan karena kebakaran pada kendaraan bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan, yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh atau sebagai akibat dari:

    • Penghentian seluruh atau sebagian dari pekerjaan atau perlambatan atau gangguan atau penghentian suatu proses atau kegiatan.
    • Kehilangan hak secara tetap atau sementara karena penyitaan, pinjam paksa atau pengambilalihan oleh pejabat yang berwenang, atau ditempati secara tidak sah atau melawan hukum oleh seseorang.
    • Gangguan usaha atau segala macam kerugian dalam wujud atau bentuk apapun yang sifatnya konsekuensial.

    Dalam suatu tuntutan, gugatan atau perkara lainnya, dimana Penanggung menyatakan bahwa suatu kerugian atau kerusakan secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh satu atau lebih risiko-risiko yang dikecualikan di atas, maka merupakan kewajiban Tertanggung untuk membuktikan sebaliknya.

[-]
Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

Memberikan jaminan atas kerugian yang menjadi tanggung jawab hukum Tertanggung terhadap Pihak Ketiga, yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.

[-]
Kecelakaan Diri

Memberikan jaminan terhadap cidera badan atau kematian terhadap pengemudi dan penumpang di dalam kendaraan bermotor yang secara langsung disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.

Memberikan juga jaminan atas biaya perawatan atas cidera badan akibat kecelakaan yang secara langsung disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebesar 10% dari Uang Pertanggungan Kecelakaan Diri.

[-]

 

INFORMASI PENTING

Beberapa hal yang wajib diketahui oleh Tertanggung atas produk asuransi mobil.

Risiko Sendiri

Risiko sendiri atau deductible atau potongan klaim dibebankan kepada Tertanggung atas setiap kejadian yang menyebabkan klaim. Besaran Risiko Sendiri terdapat pada polis untuk setiap jenis jaminan dasar ataupun perluasan (kecuali tanggung jawab hukum pihak ketiga dan kecelakaan diri). Besaran risiko sendiri akan dikalikan jumlah kejadian yang menyebabkan klaim (bukan jumlah laporan klaim).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan besaran minimal Risiko Sendiri, yaitu:

  • Kerugian atas jaminan dasar: Rp. 300.000 per kejadian
  • Kerugian atas jaminan perluasan: 10% dari nilai klaim, minimum Rp. 500.000 per kejadian

[-]
Penggelapan

Polis standar Asuransi Mobil tidak menjamin kerusakan dan/atau kehilangan atas Kendaraan Bermotor yang dipertanggungkan baik sebagian maupun seluruhnya sebagai akibat dari penggelapan atau pencurian yang dilakukan oleh Sopir/Calon Sopir atau Pengemudi/Calon Pengemudi Tertanggung, orang yang bekerja pada Tertanggung, Calon Pembeli yang sedang melakukan uji coba (Test Drive), orang yang disuruh Tertanggung, orang yang dengan seizin atau sepengetahuan Tertanggung atau Suami atau Istri atau Anak Tertanggung atau orang yang tinggal bersama Tertanggung.

[-]
Pertanggungan di bawah harga

Jika pada saat terjadinya kerugian dan atau kerusakan yang disebabkan oleh risiko nyg dijamin Polis ini, harga pertanggungan kendaraan bermotor lebih kecil daripada harga sebenarnya dari kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sesaat sebelum terjadinya kerugian dan atau kerusakan, maka Tertanggung dianggap sebagai penanggungnya sendiri atas selisihnya dan menanggung sebagian kerugian yang dihitung secara proporsional.

Perhitungan ini dilakukan sebelum pengurangan Risiko Sendiri yang terdapat dalam polis.

[-]
Jaminan All Risks

TIDAK ADA JAMINAN ALL RISKS pada Asuransi Kendaraan Bermotor. Polis standar Asuransi Kendaraan Bermotor hanya menjamin kerugian yang disebutkan pada polis, bukan semua risiko layaknya polis Property All Risks.

[-]
Laporan Klaim

Dalam hal terjadinya suatu peristiwa yang memungkinkan timbulnya suatu klaim di bawah dalam pertanggungan ini, Tertanggung wajib memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Melaporkan selambat-lambatnya ke Kantor Pusat atau Kantor Cabang Perusahaan Asuransi atau Agen/Broker Asuransi dalam waktu 5 hari sejak terjadinya kecelakaan atau pencurian.
  • Melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan seperti mengisi formulir pengajuan klaim, STNK, dan SIM pengemudi, surat laporan polisi dalam hal klaim Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga, Pencurian atau Niat Jahat, Tembusan Surat Tuntutan kepada pihak lain yang menyebabkan kerugian.
  • Dalam hal pelaporan klaim bukan oleh Tertanggung seperti yang namanya tercantum di polis maka diwajibkan melengkapi dokumen tambahan berupa: KTP/ID asli Tertanggung yang namanya tercantum di polis atau Fotocopy KTP/ID Tertanggung disertai Surat Kuasa bermaterai.
  • Penanggung akan melakukan survey dan menentukan apakah klaim dijamin atau ditolak berdasarkan kondisi/syarat polis dan menunjuk bengkel untuk memperbaiki kerusakan.
  • Jangan melakukan perbaikan atas kerusakan sebelum mendapatkan persetujuan dari Perusahaan Asuransi.

[-]

 

SIMULASI PREMI


 

BAGAIMANA CARA MEMBELINYA?

Anda dapat membeli Asuransi Mobil melalui formulir aplikasi online pada simulasi premi di atas dengan memberikan lampiran salinan KTP/ID, STNK (atau surat jalan dari dealer jika STNK belum terbit), dan foto setiap sisi mobil termasuk nomor mesin & rangka mobil. Berikan pertanyaan melalui email: bondan@pusatasuransi.com atau melalui WhatsApp di +62 813 3106 4766 jika ada yang ingin Anda tanyakan.

 

Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI)

All Rights Reserved. Copyright © 2015 - PusatAsuransi.com Contact Us